Telepon Fax : 0335-842178
Email : sekretariat@unzah.ac.id
Jam Kerja : 09.00 - 16.00 WIB
Media Sosial :

Fakultas Syari’ah

Program Studi

  • PM

    Perbandingan Madzhab
    Nama Program Studi  Perbandingan Madzhab 
    Ijin Penyelenggaraan Prodi No. 3163/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019
    Akreditasi Prodi B
    Gelar Akademik Beserta Singkatannya Sarjana Hukum (S.H.)
    Jenis Pendidikan  Akademik 
    Bahasa Pengantar Kuliah Bahasa Indonesia 
    Masa Studi Program Sarjana Paling lama 7 tahun akademik

    VISI :

    Ahli dan Profesional dalam bidang Hukum Islam dan melahirkan kader ahli Fiqh Kontemporer Berkarakter SATLOGI SANTRI dan SEMBILAN BUDI UTAMA SANTRI pada tahun 2021

    MISI :

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum islam yang dapat mengembangkan penalaran dan keterampilan profesional dalam ranah perbandingan hukum islam, terutama Fiqh Madzhab Empat
    2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Hukum Islam
      Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Aswaja
    3. Menguatkan, melatih dan membiasakan diri berperilaku nilai-nilai sopan santun, ajeg, nasehat, taqwallah, ridlallah, dan ikhlas lillahi ta’ala, jujur, amanah, disiplin, tanggungjawab, cinta ilmu dan cinta ibadah, menghormati guru dan orang tua dan visioner

    PROFIL LULUSAN :

    • Profil Utama : Konsultan dan Praktisi Hukum, Hakim Agama
    • Profil Tambahan : Penghulu, Pegawai Pengadilan Agama, Pegawai Kantor Urusan Agama, Guru Agama, Peneliti Hukum
  • HKI

    Hukum Keluarga Islam

    VISI :

    Visi program studi Hukum Keluarga Islam adalah “Ahli dan Profesional dalam Bidang Hukum Keluarga Islam dan Berkarakter SATLOGI SANTRI dan SEMBILAN BUDI UTAMA SANTRI pada tahun 2025”. Visi Program Studi Hukum Keluarga islam dapat dijabarkan sebagai berikut:

    1. Ahli dan Profesional adalah suatu nilai kompetensi untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, sehingga memiliki daya saing di era globalisasi, utamanya dalam bidang Hukum Islam. (ciri khas Fakultas Syari`ah)
    2. Bidang Hukum Keluarga Islam adalah menciptakan kader dan generasi lulusan yang memiliki wawasan dalam kajian Hukum Keluarga Islam dan dapat mengembangkan sendiri sejalan dengan arus perubahan zaman dan waktu. (ciri khas Program Studi Hukum Keluarga Islam)
    3. Karakter Satlogi Santri adalah menciptakan calon sarjana Hukum Islam yang memiliki karakter satlogi santri yaitu: sopan santun, Ajeng, Nasehat, dan Sembilan Budi Utama Santri (tawakkalah, sopan santun, jujur amanah, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu dan ibadah, menghormati guru dan orang tua, visioner). (ciri khas Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo).

    MISI :

    Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, maka dirumuskan Misi Program Studi Hukum Keluarga Islam sebagai berikut:

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Hukum islam yang dapat mengembangkan penalaran dan keterampilan profesional dalam ranah Hukum Islam, terutama Hukum Keluarga Islam
    2. Menyelenggarakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang Hukum Keluarga Islam
    3. Berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Aswaja.
    4. Menguatkan, melatih dan membiasakan diri berperilaku berdasarkan nilai-nilai Sopan Santun, Ajeg, Nasehat, Taqwallah, Ridlallah, dan Ikhlas Lillahi Ta’ala, Jujur, Amanah, Disiplin, Tanggungjawab, Cinta Ilmu dan Cinta Ibadah, Menghormati Guru dan Orang Tua dan Visioner.

    TUJUAN :

    Berpedoman pada visi dan misi tersebut, maka tujuan program studi Hukum Keluarga Islam, yaitu:

    1. Menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang terampil, profesional dalam ranah Hukum Islam, terutama Hukum Keluarga Islam.
    2. Terselenggaranya kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang Hukum Keluarga Islam.
    3. Menghasilkan lulusan Sarjana Hukum Keluarga Islam yang memiliki kualitas hidup beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Aswaja.
    4. Terwujudnya lulusan sarjana Hukum Keluarga Islam yang mampu melatih dan membiasakan diri berperilaku berdasarkan nilai-nilai Sopan Santun, Ajeg, Nasehat, Taqwallah, Ridlallah, dan Ikhlas Lillahi Ta’ala, Jujur, Amanah, Disiplin, Tanggungjawab, Cinta Ilmu dan Cinta Ibadah, Menghormati Guru dan Orang Tua dan Visioner.

    STRATEGI PENCAPAIAN :

    Selanjutnya dari visi misi dan tujuantersebutstrategipencapaian Program Studi Hukum Keluarga Islam adalah:

    1. Lulusan sarjana program studi Hukum Keluarga Islam mampu menjadi sarjana hukum Islam yang terampil dan profesioal sebagai Tenaga Peradilan Agama (Hakim, Pengacara, Panitera, Mediator, Jurusita), Pengelola Urusan Lembaga Agama (Penghulu, Penyuluh, Badan Wakaf, Badan Hisab Rukyat, BAZ, lembaga Fatwa) dan Peneliti Hukum Islam.
    2. Lulusan sarjana program studi Hukum Keluarga Islam mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat dan menghasilkan penelitian dalam bidang hukum Islam secara umum dan Hukum Keluarga Islam secara lebih spesifik.
    3. Lulusan sarjana program studi Hukum Keluarga Islam mampu menjadi sarjana hukum Islam yang memiliki kualitas hidup beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Aswaja.
    4. Lulusan sarjana program studi Hukum Keluarga Islam mampu melatih dan membiasakan diri berperilaku berdasarkan nilai-nilai Sopan Santun, Ajeg, Nasehat, Taqwallah, Ridlallah, dan Ikhlas Lillahi Ta’ala, Jujur, Amanah, Disiplin, Tanggungjawab, Cinta Ilmu dan Cinta Ibadah, Menghormati Guru dan Orang Tua dan Visioner

Profil Fakultas Syari’ah

VISI :

"Profesional dalam Bidang Hukum Islam, ahli dalam Bidang Fiqh Kontemporer, Berkarakter SATLOGI SANTRI dan SEMBILAN BUDI UTAMA SANTRI pada tahun 2021"

MISI :

Mengaplikasikan pendidikan hukum yang dapat mengembangkan penalaran dan keterampilan profesional dalam ranah perbandingan hukum, terutama hukum Islam dan hukum positif
Menerapkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang hukum Islam dan hukum positif.
Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Aswaja.

Mengusahakan, Menguatkan, dan membiasakan diri berperilaku berdasarkan nilai-nilai Sopan Santun, Ajeg, Nasehat, Taqwallah, Ridlallah, dan Ikhlas Lillahi Ta’ala, Jujur, Amanah, Disiplin, Tanggungjawab, Cinta Ilmu dan Cinta Ibadah, Menghormati Guru dan Orang Tua dan Visioner

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru 2021/2022

Universitas Islam Zainul Hasan Genggong