Telepon Fax : 0335-842178
Email : sekretariat@unzah.ac.id
Jam Kerja : 09.00 - 16.00 WIB
Media Sosial :

Fakultas Tarbiyah

Program Studi

  • PAI

    Pendidikan Agama Islam

    VISI :

    Unggul dan Berdaya saing dalam mewujudkan Guru Pendidikan Agama Islam yang Professional, Kompeten dan BerkarakterSatlogi Santri pada Tahun 2024


    MISI :

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kompetitif dan memiliki keunggulan di bidang ilmu Pendidikan Agama Islam dan Keguruan.
    2. Melaksanakan penelitian, dalam bidang Pendidikan Agama Islam untuk mengembangkan ilmu Pendidikan Agama Islam dan Keguruan.
    3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat melalui pendekatan Interdisipliner.
    4. Menghasilkan calon guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional, serta mempunyai kompetensi pendukung di bidang bahasa Arab, Bahasa Inggris, Kitab Kuning.

    PROFIL LULUSAN :

    1. Tenaga Pendidik Mata Pelajaran PAI pada sekolah/madrasah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan profesi
    2. Konselor PAI, mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teori keislaman dsalam masyarakat, dan mampu menjadi tauladan dalam mengatasi permasalahan keagamaan pada masyarakat multibudaya
    3. Peneliti PAI, menjadi ahli dalam pengembangan keilmuan berbasis riset dan mampu berintegrasi dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian berfokus pada bidang ilmu-ilmu keislaman
  • PGMI

    Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

    VISI :

    Terwujudnya Sarjana Pendidikan Islam yang professional, unggul, kompetitif, dan berakhlaqul karimah pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 2024

    MISI :

    1. Mengembangkan dasar-dasar profesi kependidikan agar mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai guru profesional.
    2. Melakukan penelitian di bidang PGMI
    3. Meningkatkan peran serta Prodi PGMI di masyarakat
    4. Membiasakan diri berprilaku akhlaqul karimah berdasar Satlogi Santri dan Sembilan Budi Utama Santri, serta memiliki integritas tinggi sebagai sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

    PROFIL LULUSAN :

    1. Pendidik SD/MI, Guru kelas pada satuan pendidikan formal dan nonformal setingkat Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, unggul dan berahlakul karimah yang berpegang pada nilai-nilai satlogi santri
    2. Digital Edukatif, Desainer dan programer dalam pengembangan tekonologi informasi dalam bidang pendidikan dasar
    3. Konsultan, Pendamping yang bertugas memberikan bimbingan, motivasi dan arahan dibidang pendidikan dasar pada anak MI/SD
    4. Edupreunership, Wirausahawan dalam bidang pendidikan dasar, dari aspek teknologi, strategi maupun media pembelajaran bagi anak MI/SD
  • PBA

    Pendidikan Bahasa Arab

    VISI :

    Terwujudnya Sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang professional, unggul dan berakhlakul karimah pada Tahun 2022

    MISI :

    1. Menyelenggarakan perkuliahan yang kreatif, inovatif dengan pendekatan multi metode untuk penguasaan materi struktur (Kompetensi Guru) Pendidikan Bahasa Arab
    2. Melaksanakan proses pembelajaran dengan bahasa Arab guna menciptakan lingkungan berbahasa Arab.
    3. Menyelenggarakan kajian, penelitian dan pengembangan secara komprehensif dan berkelanjutan dalam pengembangan pendidikan bahasa Arab (yang bermanfaat bagi masyrakat)
    4. Membiasakan diri berperilaku sifat terpuji berdasarkan pada Satlogi SANTRI dan 9 Utama Santri dalam kehidupan sehari-hari.

    PROFIL LULUSAN :

    1. Pendidik/Praktisi Pendidikan. Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggungjawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran bahasa arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
    2. Asisten Peneliti Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan manajerialn dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang bahasa arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
    3. Pengembangan Bahan Ajar, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggungjawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang bahasa arab pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
  • PIAUDI

    Pendidikan Islam Anak Usia Dini

    VISI :

    Unggul dan Termuka Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Perkembangan Dasar Psikologis Anak Yang Berkarakter Satlogi Santri Pada Tahun 2021

    MISI :

    1. Menyelenggarakan Pendidikan yang Profesional Kompetitif dan Memiliki Keunggulan di Bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Berprilaku Satlogi Santri dan 9 (Sembilan Budi Utama Santri).
    2. Berperan Aktif Dalam Penelitian, dan Penyebaran Ilmu Pengetahuan Bidang Pendidikan Khususnya PIAUD
    3. Menghasilkan Calon Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang Memiliki Kompetensi Pedagogik, Sosial, Kepribadian, dan Profesional, Serta Mempunyai Kompetensi Pendukung di Bidang Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Kitab Kuning.
    4. Menghasilkan Calon Guru yang Mampu Manajerial Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Mempunyai Kompetensi Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.

    PROFIL LULUSAN :

    1. Pendidik/Praktisi Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang guru kelas pada satuan pendidikan anak usia dini (TK/RA, Kelompok Bermain, satuan pendidikan PAUD sejenis) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    2. Asisten Peneliti, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang pendidikakn anak usia dini (PAUD) yang berkepribadian baik, berpengathuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    3. Pengembang Bahan Ajar, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkepribadian baik, berpengathuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  • MPI

    Manajemen Pendidikan Islam

    VISI :

    Mewujudkan Prodi yang Unggul Dalam Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Pengembangan Kompetensi Manajerial Tenaga Kependidikan Profesional dan berkarakter SATLOGI SANTRI Sampai Tahun 2020

    MISI :

    1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang Manajerial Tenaga Kependidikan Profesional berkarakter Satlogi Santri.
    2. Mengembangkan kemampuan penelitian dalam bidang Manajerial Tenaga Kependidikan Profesional berkarakter Satlogi Santri.
    3. Mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuan Manajerial Tenaga Kependidikan Profesional berkarakter Satlogi Santri.
    4. Mengembangkan dengan Instansi Perguruan Tinggi, Sekolah/Madrasah dan Instansi Pemerintah dalam bidang Manajerial Tenaga Kependidikan Profesional berkarakter Satlogi Santri.

    PROFIL LULUSAN :

    1. Tenaga Kependidikan/ Administrasi Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai tenaga administrasi pendidikan pada PAUD, Sekolah atau madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK (dan Instansi pemerintah/swasta dalam bidang pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan yang luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    2. Peneliti Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang manajemen pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan yang luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    3. Konsultan Pendidikan, Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai Asisten Konsultan pendidikan pada PAUD, Sekolah atau madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK (dan Instansi pemerintah/swasta dalam bidang pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan yang luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
    4. Pengelola Lembaga Pendidikan Berbasis IT, Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi.

Profil Fakultas Tarbiyah

VISI :

"Menjadi Fakultas Tarbiyah terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menyiapkan tenaga profesional berkarakter SATLOGI SANTRI dan profesional dalam mengintegrasikan keilmuan, keislaman, kebudayaan dan teknologi sampai tahun 2022".

MISI :

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara professional dalam pengintegrasian keilmuan, keislaman, kebudayaan dan tekhnologi di bidang keilmuan tarbiyah.
  2. Mempersiapkan lulusan berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keluasan ilmu, kematangan professional dan berkarakter Satlogi “SANTRI” (Sopan Santun, Ajeg/Istiqomah, Nasehat, Taqwallah, Ridhollah, Ikhlas Lillahi Ta’ala) serta 9 Budi Utama Santri.
  3. Menyelenggarakan penelitian secara professional dalam pengembangan keilmuan Islam, budaya dan teknologi di bidang keilmuan Tarbiyah yang bermanfaat bagi pembangunan di bidang pendidikan.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang keilmuan Tarbiyah secara berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab
  5. Menyelenggarakan kerjasama di bidang pengembangan manajemen yang kondusif dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi pendidikan.

TUJUAN :

  1. Terwujudnya pendidikan secara profesional dalam pengintegrasian keilmuan, keislaman, kebudayaan dan teknologi di bidang keilmuan tarbiyah.
  2. Terwujudnya lulusan berkualitas yang memiliki kedalaman spiritual, keluasan ilmu, kematangan professional dan berkarakter Satlogi Santri serta 9 Budi Utama Santri.
  3. Terwujudnya penelitian secara professional dalam pengembangan keilmuan Islam, budaya dan teknologi di bidang keilmuan Tarbiyah yang bermanfaat bagi pembangunan dalam bidang pendidikan.
  4. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat di bidang keilmuan Tarbiyah secara berkelanjutan dengan penuh tanggung jawab
  5. Terwujudnya kerjasama di bidang pengembangan manajemen yang kondusif dalam pengelolaan pendidikan dan pengembangan kompetensi ketarbiyahan.

SASARAN :

A. Sasaran di Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Peningkatan jumlah lulusan yang selesai tepat waktu
  2. Menyiapkan lulusan yang profesional dan mempunyai kompetensi dibidang ilmu Tarbiyah untuk berbagai bidang kerja terkait sesuai dengan kebutuhan kerja sesuai dengan spesifikasi capaianantara lain: a) Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 5 tahun, b) Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan minimal 3,00, c) Lulusan telah memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan Soft Skill, d) Lulusan atau mahasiswa memiliki pengalaman melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pernah bekerja (Magang/ Praktek Lapangan) di institusi atau lembaga yang relevan dan mendukung terhadap peningkatan kompetensi

B. Sasaran di Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

  1. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian dosen di jurnal nasional terakreditasi.
  2. Dihasilkannya karya ilmiah di bidang keilmuan Tarbiyah
  3. Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menggerakkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjadi wadah pengembangan masyarakat melalui program-program pengabdian kepada masyarakat

C. Sasaran di Bidang Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola

  1. Peningkatan persentase dosen bergelar Doktor di Program Studi
  2. Tersedianya tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi di bidang administrasi.
  3. Terpenuhinya rasio ideal tenaga kependidikan dan mahasiswa serta rasio tenaga kependidikan dengan dosen
  4. Pengembangan sistem manajemen mutu terpadu meliputi penetapan standar layanan, monitoring, assesmen dan evaluasi yang efektif dan efisien
  5. Penggunaan aset yang efektif dan efisien mengacu pada standar operasional prosedur yang berlaku.

D. Sasaran Bidang Kerja Sama

  1. Terbangunnya jaringan kerja antara Fakultas Tarbiyah dengan lembaga pendidikan dengan spesifikasi capaian:
  2. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi lain baik lembaga pendidikan, pemerintahan daerah, maupun organisasi nasional.
  3. Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama sebagai sarana menguatkan akses kerja sama dengan mitra di luar kampus

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru 2021/2022

Universitas Islam Zainul Hasan Genggong